fbpx

Empat Manfaat Leunca untuk Kesehatan yang Wajib Anda Tahu!

Jika biasanya leunca digunakan sebagai lalapan ataupun masakan khas Indonesia, ternyata leunca memiliki segudang manfaat. Memiliki nama ilmiah Solanum Ningrum L. Leunca dapat berfungsi untuk mencegah munculnya sel kanker, hingga memiliki untuk kesehatan wajah dan kecantikan. Termasuk kedalam tanaman yang memiliki fungsi hepatoprotektor, yaitu senyawa obat yang berguna untuk mencegah kerusakan hati akibat senyawa kimia, obat ataupun virus.

Terdapat berbagai penelitian yang menunjukkan jika lenca memiliki potensi untuk menyembuhkan dan mencegah berbagai penyakit, intip beberapa manfaat leunca berikut ini:

  1. Mencegah kemunculan sel kanker

Penelitian oleh University of Catania menunjukkan jika ekstrak daun leunca dapat mereduksi tekanan oksidatif yang mampu melawam pertumbuhan sel radikal yang tidak terkendali.

Leunca juga mengandung zat fenolik yang merupakan jenis antioksidan yang dapat menghalau kemunculan sel-sel kanker. Namun belum ada temua ilmiah yang dapat menjelaskan dosis dari penggunaan leunca untuk mencegah kemunculan sel kanker ini.

  1. Mengatasi dan mencegah penyakit saraf

Sebuah penelitian yang dilakukan secara in vitro atau dalam sel tabung menemukan scopolamine yang berfungsi untuk melindungi sel-sel saraf. Pengobatan menggunakan leunca ini bisa menjadi strategi yang efektif dalam mengatasi gangguan saraf yang berdampak pada fungsi kognitif otak, seperti Alzheimer.

Salah satu rahasia dalam mengolah leunca yaitu dengan cara dimasak atau melalui fermentasi guna menghindari efek zat berbahaya dan bisa mendapatkan manfaat yang maksimal.

  1. Membantu menyembuhkan infeksi

Komponen anti-inflamasi yang terdapat pada leunca ini dapat membantu menyembuhkan infeksi yang menyebabkan luka bakar, peradangan dan luka bernanah ketika ramuan leunca ditempelkan secara langsung pada permukaan kulit yang terluka.

  1. Berfungsi untuk kesehatan kulit

Banyak yang belum tahu, jika leunca mengandung Vitamin B1 dan C yang berguna untuk kesehatan kulit. Vitamin B1 atau tiamin berperan terhadap regenerasi kulit. Sementara vitamin C mempunyai banyak antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan penuaan dini, kusam hingga flek hitam.

            Selain kandungan Vitamin B1 dan Vitamin C, kandungan zat antipruritus atau antigatal dalam leunca juga bermanfaat untuk untuk pengobatan psoriasis dan eksim. Caranya, Anda bisa menghaluskan daun leunca menjadi pasta. Pasta ini bisa dibalurkan di area kulit yang bermasalah.

Jika Anda mengolah leunca menjadi minyak esensial, leunca dapat menjadi sumber untuk asam linoleatee yaitu sebagai zat pembangun ceramid yang berperan penting untuk menjaga kelembapan kulit.

Setelah mengetahui banyaknya manfaat leunca untuk kulit dan kesehatan, mungkin akan sedikit merubah paradigma Anda yang tidak menyukai tanaman ini untuk lebih menikmat dan bisa mengonsumsi leunca.

EXCLUSIVE PACKAGE

MEDIUM PACKAGE

STANDARD PACKAGE

OTHERS