Tips Menjadi Karyawan yang Percaya Diri

Tips Menjadi Karyawan yang Percaya Diri

Merasa tidak percaya diri saat bekerja tentu akan membuat Anda merasa kesulitan dalam mengembangkan diri bahkan dalam mengerjakan tugas. Selain itu, Anda juga menjadi sulit ketika berbicara di depan umum seperti saat melakukan presentasi. Berikut empat tips yang bisa membantu Anda untuk meningkatkan kepercayaan diri:

  1. Kenali potensi diri

Mengenali potensi diri menjadi point pertama yang harus dilakukan. Mengenali kelebihan serta kekurangan baik dari sisi perilaku maupun keterampilan. Hal ini pastinya akan membuat Anda lebih mengenal diri sendiri.

Mengenali potensi diri bisa dengan memetakan SWOT diri sendiri. Hasilnya, bisa Anda gunakan sebagai pedoman untuk menentukan cara seperti apa yang bisa Anda lakukan untuk menambah kepercayaan diri.

  1. Ikuti Workshop

Setelah mengetahui potensi diri sendiri, coba untuk mulai mengurangi atau bahkan menghilangkan kekurangan tersebut. Mulailah untuk mengikuti workshop. Anda bisa mengajukan workshop keterampilan yang dibutuhkan ke perusahaan. Sedangkan untuk kelemahan yang berhubungan dengan perilaku, Anda bisa berdiskusi dengan bagian personalia. Anda juga bisa meminta saran untuk menghilangkan perilaku buruk.

  1. Ikuti kegiatan yang diadakan perusahaan

Mengikuti kegiatan perusahaan mungkin awalnya terasa kurang nyaman, apalagi untuk Anda yang sulit bersosialisasi dengan karyawan lain. Namun, mengikuti berbagai kegiatan yang diadakan perusahaan seperti; berolahraga bersama, makan siang bersama atau ikut berpartisipasi dengan acara outbond.

Dengan mengikuti berbagia kegiatan tersebut, sedikit banyak akan membantu Anda untuk bersosialisasi. Dimana Anda diharuskan untuk berinteraksi dengan keryawan lain. Semakin sering Anda berinteraksi dengan karyawan lain, sedikit demi sedikit akan menumbuhkamm rasa percaya diri.

  1. Jalin networking sebanyak mungkin

Memiliki banyak rekanan sekaligus bisa menjalin hubungan yang baik dengan mereka tentu memberikan banyak manfaat. Selain membuat networking yang kamu miliki semakin luas, hal ini juga akan membantu Anda dalam upaya meningkatkan kepercayaa diri.

Semakin sering Anda berinteraksi tentu membuat Anda semakin terbiasa untuk berkomunikasi dengan sesama. Dengan demikian, perasaan percaya diri akan meningkat sendirinya.

 

 

Menjadi karyawan yang percaya diri memang tidak mudah, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan. Yang terpenting, Anda mampu mengenali potensi diri sendiri. Kemudian mampu untuk mulai menghilangkan hal-hal buruk yang membuat Anda kehilangan kepercayaan diri. Selama Anda yakin dan fokus, kepercayaan diri kamu pasti lambat-laun akan terbentuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mitra Utama Seminar Kit Setiap Acara di Indonesia