fbpx

7 Cara Menghindari Penyebaran Virus Corona di Tempat Kerja Versi WHO

Penyebaran Virus Corona semakin meluas. Terakhir, telah dikonfirmasi bahwa dua orang warga Depok dinyatakan positif terpapar Virus Corona (Covid-19) pada Senin 2 Maret 2020 lalu. Setidaknya, 76 negara telah terinfeksi virus ini. Sebagai masyarakat tentu kita harus senantiasa siap dan waspada dalam menghadapi persebaran virus Covid-19. Salah satu cara yang bisa dilakukan dengan menjaga kesehatan diri agar selalu fit dan bugar.

Badan kesehatan dunia WHO baru-baru ini memberikan panduan untuk mengahadapi penyebaran virus ini, khususnya di tempat kerja.  Sebagai salah satu tempat yang memiliki mobilitas tinggi serta menjadi lokasi pertemuan orang banyak. Simak beberapa panduan dari WHO berikut:

  1. Kenali Virus Corona

Hal utama yang harus Anda lakukan adalah mengenali tanda-tanda Virus Corona. Beberapa gejala awal memang dirasa mirip dengan gelaja flu. Gejala seperti hidung tersumbat, batuk, demam tinggi, mudah lelah, sulit bernafas hingga sakit tenggorokan menjadi tanda awal Virus Corona ini.

Dijelaskan oleh Todd Ellerin selaku Harvard Medical School, jika masa inkubasi Virus Corona berkisar antara 1 hingga 14 hari. Maka, jika Anda merasa mengalami gejala seperti yang dijelaskan sebelumnya, segera untuk memeriksakan diri ke dokter dan ingat jangan panik.

  1. Bersihkan Lingkungan Kerja

Cara ampuh untuk mencegah penularan Virus Corona adalah memastikan keadaan sekitar tetap bersih dan higienis. Lingkungan kerja menjadi salah satu tempat yang harus Anda pastikan agar tetap bersih guna terhindar dari Virus Corona. Kondisi tempat kerja yang jorok bisa jadi menjadi sarang virus yang bisa mengganggu daya tahan tubuh Anda.

Salah satu cara dengan membersihkan meja menggunakan disinfektan. Kemudian mengingatkan untuk selalu mencuci tangan dan menjaga kebersihan kepada seluruh karyawan.

  1. Cuci Tangan Dengan Teratur

Cuci tangan termasuk bagian agar menghindari penularan secara tidak langsung terhadap benda-benda yang terkontaminasi bakteri dan virus. Syahrizal Syarif, Pakar Epidemiologi Universitas Indonesia, menyebutkan jika cuci tangan merupakan bentuk pencegahan indirect.

Alasan lainnya tentang mencuci tangan, disebutkan jika aktivitas yang dilakukan sehari-hari justru lebih banyak kontak dengan tangan. Seperti saat kita memegang benda, makan, dan bersalaman dengan orang lain. Dikutip dari liputan6.com dijelaskan oleh Ketua Umum IAKMI Ede Surya Dharmawan bahwa “Virus yang punya kapsid (penyelubung) protein akan lepas saat kita mencuci tangan. Kalau kapsidnya lemak, dia akan hancur pas kita juga cuci tangan,” Tidak ada alasan untuk malas mencuci tangan ya!

  1. Gunakan Masker

Anda bisa menggunakan masker ketika sakit flu disertai batuk dan bersin. Penggunaan masker bertujuan untuk menghindari penularan Virus Corona kepada orang sekitar. Menurut Pusat Pusat pengendalian dan pencegahan penyakit, CDC, menhelaskan bahwa persebaran Virus Corona ternyata bisa ditularkan melalui droplet dari batuk dan bersin.

Melalui droplet yang ditularkan lewat mulut, hidung, dan mungkin mata dapat menjadikan dirimu terkena Virus Corona. Jangan lupa untuk menggunting dan membuang masker yang telah Anda gunakan.

  1. Istirahat di Rumah Jika Sakit

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, jika Virus Corona dapat menyebar lewat batuk. Maka, untuk mereka yang sedang tidak enak badan ada baiknya untuk beristirahat di rumah. Konsumsi obat  seperti paracetamol, jika tidak membuahkan hasil segera periksa ke Dokter atau Rumah Sakit terdekat.

  1. Hindari Bepergian untuk Sementara Waktu

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu menghindari melakukan bepergian ke luar negeri. Seperti yang disarankan oleh WHO untuk tidak keluar negeri atau melakukan traveling untuk sementara waktu. Untuk Anda yang baru datang dari luar negeri, baiknya harus memantau diri sendiri untuk gejala selama 14 hari. Jika mendapati gejala seperti gejala Virus Corona, Anda harus segera memeriksakan diri ke Rumah Sakit.

  1. Tetap Update Informasi

Terakhir, tetap update informasi dan perkembangan Virus Corona. Pantau informasi dari Lembaga kesehatan kredibel seperti WHO, CDC atau Kementerian Kesehatan RI guna mendapatkan informasi yang akurat. Ada baiknya Anda mencatat hotline Virus Corona yang bisa dihubungi di nomor 021 – 5210411 dan 0812 1212 3119 untuk terus mendapat informasi terkini.

Yang terpenting, tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, Istirahat dengan baik dan mengkonsumsi makanan bergizi.(ys)

 

EXCLUSIVE PACKAGE

MEDIUM PACKAGE

STANDARD PACKAGE

OTHERS