Seminar Gizi 2018 – Topas Galeria Hotel Bandung, 10 Februari 2018

Profesionalisme Ahli Gizi dalam Penanganan Masalah Gizi yang Terpinggirkan


Tempat:
Topas Galeria Hotel, Nusa Indah Room Lt 6.
Jl. Dr. Djundjunan no. 153, Bandung

Tanggal:
Sabtu, 10 Februari 2018

Harga Tiket Masuk (HTM): Rp 165.000

Ada tiga persoalan gizi yang dihadapi Indonesia saat ini, yakni gizi kurang, gizi lebih, dan stunting – berdasarkan Pemantauan Status Gizi 2016, prevalensi gizi kurang sebesar 17,8 persen, gizi lebih pada anak balita sebesar 4,3 persen, dan stunting sebesar 27,5 persen.

Di antara tiga persoalan tersebut, stunting menjadi masalah gizi yang dampaknya sangat besar dan intervensinya memerlukan peran semua pihak. Stunting atau tubuh pendek adalah kondisi kurang gizi kronis sejak dalam kandungan, yang mengakibatkan terganggunya tumbuh kembang bayi. Anak balita stunting tak hanya bertubuh pendek, tetapi juga defisit kognitif. Saat dewasa, anak balita pendek berisiko terkena penyakit tak menular.

Celakanya meski dampak yang diakibatkannya terbilang fatal, kecenderungan masyarakat, termasuk petugas gizi khususnya serta para pemangku kebijakan di pemerintahan pada umumnya, boleh dikata kurang. Program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bisa dijadikan contohnya. Program ini biasa diberikan pada balita gizi buruk/kurang, tapi tidak bagi balita stunting.

Leave a comment